Sebelum Kerja Di Startup, 3 Hal Ini Perlu Kamu Ketahui



Kerja di startup merupakan mimpi banyak orang, mereka berpikir kerja di startup lebih nyaman daripada di perusahaan yang bersifat corporate. Startup di Indonesia saat ini telah berkembang pesat di beberapa daerah bukan hanya di ibu kota dan pada umumnya kerja di startup memang memberikan kenyamanan mulai dari cara berpakaian, suasana, dan rekan kerja. 
 
Namun bagi anda yang ingin kerja di startup, perlu tahu 3 hal penting dibawah ini yang bakal anda hadapi.



Siap Akan Perubahan

Pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia semakin maju dengan hadirnya berbagai startup baru untuk menunjang kebutuhan masyarakat.

Banyak orang tertarik bekerja di startup bahkan membangun ekosistem ini karena keuntungan yang besar, networking, dan kenyamanan dunia kerjanya. 

Namun terlepas itu semua, dunia startup juga sama halnya dengan perusahaan lain pada umumnya dimana mengalami ups and down. Perusahaan sejenis startup sering mengalami perubahan terhadap beberapa hal seperti rencana project, struktur laporan,dan jenis jobdesc. 

Ketika perubahan tersebut terjadi, beberapa orang akan merasa kenyamanannya terganggu karena harus mengerjakan hal baru yang mungkin saja tidak pernah ditemui sebelumnya. 

Namun perlu anda tahu, dari perubahan tersebut anda dilatih untuk mengembangkan kreatifitas dan meningkatkan mental anda, karena belajar hal baru tentunya akan menambah pengalaman dan pengetahuan. Dengan begitu anda termotivasi menjadi seorang yang profesional dalam berbagai pekerjaan di dunia startup.




Mentor Startup Yang Berpengalaman

Ketika kerja di startup, anda akan bertemu dengan banyak profesional yang sukses dan berpengalaman dibidangnya.

Dengan adanya mereka, beberapa orang merasa minder karena kurang pengalaman, ilmu, dan skill yang akhirnya harus hengkang dari perusahaan. Jika anda adalah orang yang open minded dan siap terhadap tantangan baru, seharusnya anda dapat menjadikan mereka sebagai mentor dalam memotivasi dan membimbing anda dalam bekerja.

Anda dapat sharing berbagai macam pengalaman, ilmu, skill, dan kreatifitas dengan mereka bahkan setelah resign mungkin saja anda berpotensi untuk membangun startup baru. Just keep going on.




(Baca juga: Ingin Kerja di Startup? Ini 5 Keuntungannya


Resiko Kerja Di Startup

Perlu anda ketahui suatu startup bisa menjadi shut-down dengan sangat cepat. Hal ini adalah salah satu resiko umum dalam bekerja untuk seseorang. Anda mungkin akan kawatir dengan karir anda dan bingung dengan solusi yang tepat untuk anda.

Namun, inside it, ketika anda sudah punya segudang ilmu dan pengalaman selama bekerja sebelumnya. Hal tersebut tidak perlu dikawatirkan karena anda masih bisa mencoba pekerjaan baru di startup lain. 

Suatu startup shut-down tergantung seberapa besar usaha dan networking dalam menjalankan perusahaan.

Intinya jangan pernah menganggap remeh sesuatu, anda butuh usaha dan kerja keras untuk ikut memajukan perusahaan dimana anda bekerja. Selain itu untuk menghindari shut-down suatu startup anda harus membuat plan strategi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Dengan begitu anda tahu keuntungan, kerugian, dan perkiraan seberapa besar resiko yang bakal anda hadapi.

 
Sebelum kerja di startup, anda harus tahu hal apa saja yang bakal menjadi tantangan bagi anda agar nantinya siap terhadap perubahan apa pun itu. Dengan mengetahui 3 hal diatas, anda akan tahu seberapa besar niat dan mental yang harus anda persiapkan sebelum memasuki dunia startup. 

[Baca Juga: Punya Startup? 4 Cara InI Bantu Kamu Bangun Network]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Membuat Startup

5 Hal Penting Yang Perlu Anda Tahu Untuk Memulai Suatu Bisnis Online

Ingin Kerja di Startup? Ini 5 Keuntungannya