Mengapa Startup Anda Butuh Networking?

Bekerja di startup atau punya bisnis startup telah menjadi jelas bahwa karakteristik kesuksesan yang menentukan adalah siapa yang anda kenal sebagai jaringan hubungan anda dalam mengembangkan bisnis. Seberapa banyak orang percaya dan menghargai anda dan seberapa banyak akses yang anda miliki terhadap mereka. Hal tersebut yang menjadi dasar mengapa dalam suatu startup membutuhkan networking.



Networking dalam startup

Biasanya menentukan sejauh mana kesuksesan bisnis yang anda rintis, menentukan seberapa banyak jaringan hubungan yang dapat anda capai, dan pengaruhnya terhadap startup anda. Networking merupakan salah satu strategi yang sangat efektif untuk membuat startup anda semakin berkembang dan sukses, namun perlu diperhatikan bahwa dalam melakukan hal tersebut dibutuhkan sejumlah besar energi dan usaha.

Untuk memperluas networking anda harus melakukan komunikasi  dan pendekatan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang dan status. Ingatlah bahwa setiap hubungan adalah pertukaran nilai baik berupa ilmu, kepercayaan, maupun kesuksesan.

Selain itu juga penting untuk memahami nilai apa yang dapat anda berikan dalam interaksi anda dengan orang lain. Apakah melalui anda, orang lain juga mendapatkan peluang networking?. Kuncinya adalah memahami apa yang penting bagi anda dan impact yang dapat anda berikan.

Tidak peduli apa pun jenis startup anda, networking adalah the important fuel untuk memercepat kesuksesan. Tidak hanya berguna untuk belajar secara langsung dari individu yang anda temui, namun ada manfaat lain untuk membuat anda menjadi open minded dalam segala hal yang anda rencanakan dan pengen anda capai. Jaringan terbaik berasal dari genuine relationships, bukan dari pertukaran business card.  Karena networking menentukan apakah bisnis anda akan terus berkembang atau malah stuck dan menjadi sia-sia.

Intinya make friends, not “contacts.” Dengan kata lain, nilai kualitas melebihi kuantitas. Yang anda cari adalah keuntungan bagi anda dan memberikan manfaat bagi orang lain. Kenali tujuan anda dan perluas networking dimana pun anda berada. Networking memberikan banyak nilai penting untuk menuju kesuksesan.

(Baca Juga: 5 Cara Membuat Bisnis Startup)

Komentar