Bandung, Gudang Startup Terbesar di Indonesia


Untuk menjadi smart city nggak cuman didukung sama lingkungan kota, populasi, dan insfastruktur. Namun juga didukung oleh kemajuan teknologi yang dimiliki dan kemampuan untuk mengembangkannya.

Seiring dengan pesatnya startup business, setiap kota di Indonesia berlomba untuk menciptakan startup yang berguna untuk masyarakatnya dan kemudahan dalam mengakses setiap kebutuhan.

Jika kota kamu belum mendapatkan predikat smart city? Bandung adalah contoh kota yang dijuluki sebagai gudang startup terbesar di Indonesia. Kamu bisa menggali informasi lebih banyak cara dan tips kemajuan startup di kota ini.


Jelas Bandung disebut sebagai smart city, karena kota ini nggak ada abisnya pengembangan industri kreatif.  Startup building di Bandung berawal dari segelintir orang yang ada dalam satu komunitas dan kemudian mereka mengembangkan kreatifitas dengan menciptakan startup. Populasi yang banyak nggak ngejamin sukses berdirinya suatu startup karena kesuksesan startup nggak cuman ditentukan oleh kuantitas, but the most important is how big the quality shows.

Bandung sebagai kota teknopolis menciptakan banyak startup yang populer dan bahkan nggak kalah dengan Go-jek yang ada di Jakarta. Salah satunya adalah Pixel House Studio. Perusahaan ini bergerak di bidang multimedia dan internet marketing. Selain itu ada juga Sasbuzz yang disebut sebagai the power of marketing system dimana bagi kalian yang punya bisnis online bisa dengan mudah melakukan marketing melalui social media. Perlu kamu tahu bahwa jumlah startup Bandung bahkan sudah lebih dari 10 startup. Tahun ini Bandung dalam proses mengembangkan industri kreatif yang banyak berbasis startup.

So, jika kamu punya ide untuk bangun perusahaan startup, kamu bisa manfaatkan dengan join komunitas-komunitas yang berbau startup. Don’t save your ideas, but try to do it through your creativity.

Komentar