5 Cara Membuat Startup

Hallo guys, sedang merencanakan untuk ngerintis startup, tentu kamu harus tau apa saja yang diperhatikan sebagai concern kamu agar nantinya bisnis startup-mu ngga gagal. Nah langkah apa saja itu, berikut step-step untuk ngerintis bisnis startup

 



Rencanakan Strategi

Buatlah ide dan tujuan yang jelas tentang bisnis yang akan kamu jalankan. Setalah itu tentukan hal-hal yang akan kamu lakukan kedepan dan perkiraan benefit yang bakal kamu dapat. Atur strateginya dalam bentuk jangka pendek dan jangka panjang. Misalnya, dalam satu bulan kedepan apa saja yang akan kamu lakukan, serta keuntungan dan kerugian dari setiap rencana. Dengan begitu, kamu tau arah startup-mu dan ngga stuck sama satu konsep. 

 Baca juga: Ingin Kerja di Startup? Ini 5 Keuntungannya

Cari Tahu Kebutuhan Pasar

Apapun yang kamu rencanakan, pastikan kamu melakukan research terlebih dahulu. Pahami keputusan, misalnya tentukan pasar yang tepat untuk bisnis kamu. Strategi sederhana yang dilakukan pada target pasar yang tepat akan jauh lebih baik menunjang kesuuksesan bisnis startup-mu. Selain itu, perhatikan komposisi  media sosial yang akan digunakan, dan potensinya terhadap promosi produk kamu. Research dilakukan untuk mengetahui seberapa besar benefit and risks dari setiap perkembangan bisnismu.


Memastikan Produk

Nggak cukup hanya plan, tapi pastikan juga produk yang kamu tawarkan menjadi trend up dan dibutuhkan banyak orang. Ingat, ide yang menarik ngga selamanya menarik pelanggan. Kebutuhan berubah seiring perkembangan zaman. Tergantung kreatifitas kamu packaging produk lama menjadi menarik kembali. The most important, enjoy the process.



Tim Kerja

Carilah partner kerja yang cocok dengan kamu, yang memiliki kemauan, visi dan passion yang sama. Untuk merealisasikannya, kamu perlu tim kerja yang memiliki ide-ide kreatif dan strategi-strategi baru untuk keberhasilan bisnismu. Your startup getting better with better team work!


Perluas Jejaring

Don’t think your business will get success without “networking”. Perluas jaringan dan link agar bisnismu dapat berkembang pesat, dapat banyak pelanggan, dan outcome yang besar. Manfaatkan orang-orang terdekat disekitarmu untuk melakukan promosi dan menginformasikan produkmu. Hal ini untuk mendapat jangkauan yang luas dalam pengembangan bisnis startup. Networking juga perlu untuk kamu dapat perbanyak ilmu bisnis yang sedang kamu jalankan. Karena untuk tetap bertahan, kamu harus upgrade ilmu yang telah kamu miliki. Dengan begitu kamu mudah untuk count risks perkembangan bisnis startupmu. Don’t quit, keep going!


Itulah 5 cara membuat startup yang perlu kamu tahu. Semangat mecoba. Remember, don't worry about failure, you only to right once.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Hal Penting Yang Perlu Anda Tahu Untuk Memulai Suatu Bisnis Online

Ingin Kerja di Startup? Ini 5 Keuntungannya